Minggu, 30 Januari 2011

Crop Circle Misteri Fenomenal Ratusan Tahun



Sejarah Crop Circle (CC) dapat dilacak pada 1678. Saat itu terdapat ukiran kayu “Mowing Devil” menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum.

Kisahnya sendiri terdengar sedikit mistik. Sang petani menolak tuntutan pekerjaan majikan, petani mengatakan lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, ladang gandum majikan terbakar api.

Pagi harinya, sebuah lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut. Kebenaran dari kisah ini masih belum ada yang bisa mengkonfirmasi. Laporan CC yang lebih modern dipublikasikan di jurnal Nature edisi 29 Juli 1880.

Saat itu, peneliti John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular. Hingga kini, CC masih menjadi misteri yang paling menarik di zaman modern. Bahkan, CC dikatakan sebagai satu-satunya misteri yang sejalan dengan seni.

CC atau lebih dikenal dengan sebutan lingkaran ladang gandum karena biasanya di lokasi CC terdapat ciri batang gandum yang merunduk. Awalnya, CC berbentuk lingkaran-lingkaran sederhana namun memasuki 1980-an, CC berkembang memiliki pola rumit dan tak hanya berbentuk lingkaran.

Istilah Crop Circle sendiri pertama kali diperkenalkan oleh peneliti CC ternama dunia Colin Andrew. Pasti banyak dari Anda yang belum mengetahui CC. Namun ternyata, CC tak hanya muncul di ladang gandum. CC juga dapat muncul di ladang jagung, kedelai, sawah dan kebun bunga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post