Senin, 30 Agustus 2010

Dinosaurus Jenis Baru Ada di China


ILMUWAN China mengidentifikasi dinosaurus jenis baru yang fosilnya ditemukan di kota Zhucheng Provinsi Shandong timur, China. Dinosaurus tersebut adalah jenis ceratops (muka bercula) yang tidak pernah ditemukan sebelumnya.

Fosil-fosil itu diangkat dari pada awal 2008 di kota yang sejak 1960-an kerap ditemukan dinosaurus Cretaceous. "Namun identifikasinya baru dilakukan saat ini," kata Xu Xing, periset kenamaan dinosaurus dari akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS).

Ia menyebut dinosaurus jenis baru ini sebagai Sinoceratops Zhuchengensis dengan tengkorak sepanjang 180 cm dengan lebar 105 cm. "Dinosaurus itu memiliki cula sepanjang 30 cm di wajah dan sedikitnya 10 lekuk cula-cula lebih kecil di atas kepala," jelasnya.

Ceratops adalah dinosaurus pemakan tanaman dari akhir periode Cretaceous lebih dari 65 juta tahun lalu. Ceratops yang paling terkenal adalah triceratops, herbivora besar dengan berat lebih dari 10 ton. Penemuan di Zhucheng ini diperkirakan akan mengubah teori soal transisi morfologi dinosaurus. Penemukan terakhir ini dinilai mengaburjkan perbedaan dua jenis ceratops. (Xinhua/OL-04)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post