Senin, 25 April 2011

Mengumpat Bisa Mengurangi Rasa Sakit


Mengumpat atau mengucapkan kata-kata kasar ketika sedang emosi memang tidak baik bila diucapkan, namun penelitian justru menunjukkan bahwa mengumpat bisa mengurangi rasa nyeri.

Tim peneliti dari Keele University di Staffordshire, Inggris, melakukan penelitian selama 2 tahun dan menemukan bahwa orang-orang yang sedang merasakan nyeri cenderung berkurang rasa sakitnya bila mereka menyumpah-nyumpah.

Dalam penelitian tersebut, para partisipan diminta menceluptkan tangan mereka ke dalam air dingin yang diberi es dan dites berapa lama mereka bisa bertahan. Pencelupan tangan merupakan metode tes yang umum dipakai untuk mengetahui ketahanan sakit karena dinilai tidak menimbulkan bekas luka atau menyakiti psikis.

Sambil menahan dinginnya air, para partisipan dipersilahkan untuk menyumpah-nyumpah atau mengucapkan kata-kata biasa. Ternyata partisipan yang menyumpah mengaku rasa nyeri akibat dinginnya air lebih berkurang dibanding orang yang lebih menjaga ucapannya.

Mengumpat, menurut peneliti, akan merangsang respon flight or fight, sebuah respon melawan atau menghindar yang muncul saat kita sedang stres. Respon tersebut juga akan menghilangkan rasa takut akan sakit.

Walau begitu, efek mengumpat ini ternyata hanya efektif pada orang sebelumnya tidak biasa menyumpah. Jadi, mengumpatlah pada saat yang tepat. Sumber:(kompas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post