Jumat, 29 Oktober 2010

Cegah Data Bocor, Facebook Enkripsi ID Pengguna


Menanggapi ramainya laporan bahwa beberapa aplikasi populer di Facebook membocorkan informasi pengguna ke jaringan periklanan, Facebook pun akan mengenkripsi identitas (ID) pengguna.

Rencananya, Facebook bakal menyediakan fitur enkripsi opsional ini dalam beberapa minggu ke depan. Dikatakan salah satu teknisi Facebook Mike Vernal melalui blognya, saat ini Facebook tengah bekerja dengan para developer guna memastikan transisi yang sempurna ke sebuah enkripsi.

Seperti diketahui, awal pekan ini Wall Street Journal menemukan ada 10 aplikasi Facebook yang rentan membocorkan data pengguna, di antaranya termasuk game populer FarmVille, Mafia Wars dan Texas Hold’em. Aplikasi tersebut diketahui menyebarkan identitas pengguna Facebook yang disebut UID untuk keperluan periklanan atau data lacak internet.

Dilansir PC Mag dan dikutip detikINET, Minggu (24/10/2010), laporan tersebut lantas mendesak Facebook untuk membeberkan secara lebih jelas, jenis informasi apa saja yang terdistribusikan kepada pihak ketiga.

“Laporan ini terlalu dibesar-besarkan, terutama soal implikasi dari bocornya ID pengguna Facebook. Kami pun didesak untuk menjelaskan apa yang terjadi,” kata Vernal.

Vernal menambahkan saat ini beberapa developer telah menggunakan teknik untuk menghapus ID dari URL. Mereka bisa mengeluarkan perbaikan ini berdasarkan kasus per kasus. Namun dikatakan Vernal, Facebook sendiri ingin memberikan solusi terbaik yang akan mengatasi masalah untuk semua aplikasi yang ada pada platformnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post