Kamis, 26 Mei 2011

Ilmuwan Berhasil Temukan Alien di Sebuah Planet

Sekelompok astronom menemukan sebuah planet yang kaya air dengan jarak 20 tahun cahaya. Makhluk asing atau alien diduga hidup di planet yang diberi nama Gliese 581d tersebut.
Gliese 581d berada di belakang kosmik bumi. Para ilmuwan tersebut menduga Gliese 581d memiliki atmosfer, laut, awan, dan hujan. Planet itu cukup hangat dan basah sehingga makhluk asing bisa tinggal di situ.



Ukuran Gliese 581d diperkirakan dua kali lebih besar dari bumi. Gliese 581d berada di zona Goldilocks. Wilayah ini tidak terlalu dingin dan panas sehingga memungkinkan air ada di situ.

Ilmuwan Inggris, Dr Robin Wordsworth, yang memimpin sebuah tim di Paris telah meneliti Gliese 581d. Menurut Wordsworth, meski makhluk asing bisa tinggal di situ, manusia tidak akan bisa.

Dalam jurnal Astrophysical Letters, Wordsworth menulis, "Kepadatan udara dan awan menjaga permukaan dalam kondisi senja merah abadi. Gravitasinya dua kali dari di Bumi."

Planet tersebut sebenarnya ditemukan pada 2007. Menurut penemuan para ilmuwan, salah satu sisi planet tersebut selalu menghadap ke matahari. Artinya, satu sisi planet tersebut selalu siang, sementara sisi lainnya selalu malam.

Untuk mencapai Gliese 581d, manusia membutuhkan waktu 300 ribu tahun menggunakan teknologi roket yang ada saat ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post