Kamis, 16 September 2010

Maradona Masuk Kandidat Pelatih Portugal


LISBON--MI: Diego Maradona termasuk di antara tiga pelatih dari Amerika Selatan yang disebut-sebut akan menggantikan Carlos Queiroz sebagai pelatih Portugal mengikuti babak penyisihan Euro 2012.

Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) memecat Queiroz minggu lalu, karena pelatih itu dihukum enam bulan akibat menghina agen anti-doping dan ia akan digantikan dalam beberapa hari ini.

Maradona, sedang menganggur sejak meninggalkan posnya sebagai pelatih tim Piala Dunia Argentina, rekannya dari Argentina Jose Pekerman dan mantan pelatih Meksiko Jose Aguirre, disebut-sebut akan menempati posisi pelatih Portugal.

Mantan pelatih Sporting, Paulo Bento, berdasar laporan media setempat, merupakan calon kuat menggantikan Queiroz, tetapi laporan lain menyebutkan, beberapa direktur FPF lebih suka memilih pelatih asing dengan pengalaman internasional. Mereka dibutuhkan untuk menangani pemain sekaliber pemain bintang Cristiano Ronaldo, yang gagal bersinar di bawah asuhan Queiroz.

Babak penyisihan Euro 2010 yang diikuti Portugal diawali dengan kurang mengesankan. Mereka bermain imbang 4-4 di kandang sendiri melawan Siprus, disusul kalah 0-1 atas Norwegia.

"Benar, (Maradona tertarik). Diego dan saya berbicara tentang hal ini dan ini merupakan proyek yang menarik bagi kami. Ia bersedia dan sanggup, tetapi kami masih belum berhubungan lagi," kata Alejandro Mancuso, salah satu asisten Maradona ketika ia melatih Argentina, kepada harian Bola A.

Pekerman, mantan pelatih lain tim Argentina, juga tertarik dengan pekerjaan di Portugal, menurut agennya. "Banyak tim nasional yang ingin menyewanya, tetapi ia tidak tertarik. Tim nasional Portugal merupakan salah satu yang diminatinya," kata agennya Jose Sanchez Parra dalam wawancara dengan Radio Portugal, Renascenca.

Ia menambahkan, Aguirre, yang mundur sebagai pelatih Meksiko Juni lalu, juga tertarik dengan tugas di negara itu. Sebelum Queiroz, Portugal pernah memiliki pelatih dari Amerika Latin. Luiz Felipe Scolari dari Brazil membawa tim itu ke final Euro 2004 dan semi finals Piala Dunia 2006.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post