Jumat, 04 Maret 2011

Baterai Lepas-Pasang Ada Pada Sepeda Motor Listrik


SEPEDA motor bertenaga listrik membutuhkan penyetruman ulang pada baterainya. Umumnya dilakukan di rumah atau di tempat parkir kantor yang tersedia colokan listrik. Bagaimana jikatidak tersedia? Karena tidak mungkin bos mengizinkan motor Anda masuk ke ruang kantor.

Untuk itulah jajaran produk Zero Motorcycle edisi 2011 dibuat lebih mudah. Sepeda motor listrik yang diberi nama Zero XU yang merupakan sepeda motor jalan raya pertama Zero dan satu-satunya motor listrik saat ini dengan baterai yang dapat dilepas dan dapat di-charge di tempat terpisah.

Perusahaan sepeda motor Zero asal California ini meluncurkan motor commuter elektrik bergaya supermoto dalam tiga pilihan model. Zero S, Zero dual-sport DS dan varian baru Zero XU yang kesemuanya sangat ringan dengan kekuatan baterai yang cukup untuk keperluan menjelajah perkotaan.

Khusus model S dan DS dibekali baterai berukuran besar untuk dapat menjelajah lebih jauh dan dengan kecepatan yang bisa melaju di jalan bebas hambatan. Sedangkan XU lebih difokuskan untuk kebutuhan di dalam kota, jarak pendek, dengan kecepatan tidak lebih dari 80 km/jam.

Dengan harga yang dipatok pada US$7.995 (sekitar Rp70,5 juta) XU lebih murah US$2.000 (sekitar Rp17,6 juta) dibanding model D dan DS. Untuk menghemat biaya di urusan baterai, XU menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 2 kWh yang diangkat langsung dari motocrosser Zero MX.



Tidak seperti model S dan DS, baterai XU dapat dilepas dengan mudah dan dapat disetrum dengan charger portabel terpisah sahingga memudahkan saat pengisian ulang baterainya. Dengan kelebihan ini, pemilik tidak lagi pusing harus menggiring motornya menuju tempat di mana ada titik-titik colokan listrik. Padahal belum tentu tempat tersebut mudah untuk diakses sepeda motor.

Harga beterai yang mahal juga berpotensi menjadi incaran maling. Oleh karena itu, baterai memiliki pengaman yang cukup untuk mencegah aksi pencurian. Untuk memudahkan pemilik melepas baterai harus melalui batang pengunci berupa logam tebal terbuat dari aluminium.

Bobot baterai 2 kWh Zero XU cukup berat, jadi diperlukan persiapan untuk itu. Untuk mempermudah membawanya, Anda bisa memanfaatkan troli kecil. Meskipun kelihatan merepotkan, itu jauh lebih mudah dibanding membawa bersama sepeda motornya menuju ruang apartemen Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post