Sabtu, 26 Februari 2011

Bikin Mobil Murah,Tiga Perusahaan Siap


Kementerian tengah membandingkan konsep Daihatsu, Suzuki, dan Hyundai.

Tiga prinsipal Suzuki, Daihatsu, dan Hyundai menyatakan ketertarikannya membuat mobil murah nasional di Indonesia. Saat ini Kementerian Perindustrian sedang mempertimbangkan ketiga prinsipal tersebut.

“Daihatsu mau, Suzuki mau, dan Hyundai juga termasuk,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di sela Musyawarah Nasional Kadin, di Jakarta, Jumat 24 September 2010.

Menurut Hidayat, saat ini Kementerian Perindustrian tengah membandingkan konsep ketiga prinsipal itu dan memilih yang paling kompetitif. Mantan Ketua Umum Kadin ini pun mengutus Direktur Jenderal Alat Transportasi dan Telematika, Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi untuk melakukan negosiasi dengan ketiga prinsipal itu.

“Kami akan adu konsep dengan mereka, dan lihat yang terbaik,” ucapnya.

Mengenai rencana Suzuki yang akan meningkatkan investasi di Indonesia, Hidayat mengatakan akan ditentukan akhir Desember. Suzuki sedang membuat detail rencana investasi tersebut.

“Nilainya belum tahu, tapi nanti semua produk Suzuki dibuat di Indonesia. Dari mesin, komponen, tenaga kerja, hingga manajemen, semuanya Indonesia,” katanya.

Suzuki juga sedang memperkuat hubungan dengan rekanan lokal, kemungkinan dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. Investasi Suzuki dilakukan jangka panjang, sehingga membutuhkan rekanan yang dapat dipercaya. “Suzuki hendak meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat,” ujarnya. (art)
Sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post