Kamis, 24 Februari 2011

Bunga Male Ricuh : Warga Berebut Telur, Banyak Anak-anak Terinjak


PALOPO-- Festival Bunga Male yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Palopo, berjalan sukses di pelataran Masjid Agung, Palopo, Rabu, 23 Pebruari kemarin. Ribuan telur jadi penghias bunga male yang dihadirkan oleh 116 peserta dari kalangan pelajar, majelis taklim, dan SKPD lingkup Pemkot Palopo.
Warga yang hadir pun membludak, diperkirakan mencapai seribuan orang. Empat tokoh penting Palopo, Walikota Palopo HPA Tenriadjeng, Wakil Walikota Palopo Rahmat Masri Bandaso, Sekda HM Jaya, Kepala BKD Haidir Basir hadir secara bersama-sama dengan sejumlah pejabat Pemkot lainnya.
Setelah prosesi acara bubar, suasana berubah ricuh. Warga yang memadati pelataran Masjid Agung, berebut mengambil telur atau penganan penghias bunga male. Saking banyak orang berebut, menyebabkan situasi jadi tidak terkendali. Banyak anak-anak yang ikut rebutan telur terjatuh dan terinjak-injak. Beruntung, tidak ada korban jiwa atau luka kritis akibat insiden ini.
Salah seorang warga mengaku bernama Hasni yang ditemui Palopo Pos, mengaku sempat jatuh dan terinjak saat berebutan telur bunga male. ''Untung saya cepat-cepat berdiri. Jadi tidak apa-apa ji,'' ujarnya.

SANGAT DIMINATI

Prosesi festival bunga male yang digelar PHBI Palopo dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, berlangsung semarak. Masyarakat antusias menyaksikan peserta festival dengan aneka style bunga male. Ada yang menggunakan mobil walas, model masjid, model perahu, dll.
Peserta dilepas oleh Ketua PHBI Palopo, HM Jaya SH MSi yang juga Sekkot Palopo. Berjalan melintasi Jl. Ahmad Yani dan lalu finish di pelataran Masjid Agung. Masing-masing peserta menyerahkan telur kepada Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng yang berdiri di depan Gedung SaodenraE Convention Centre (SCC) bersama Muspida dan pejabat Pemkot lainnya.
Walikota Palopo, HPA Tenriadjeng dalam sambutannya mengatakan, festival bunga male makin semarak dan makin diminati oleh masyarakat. Festival bunga male juga sangat spesifik dan memberikan hal yang positif untuk kota Palopo. ''Tahun depan festival bunga male akan semakin maju karena akan dijadikan sebagai rekor MURI,'' terang Walikota bersemangat. (rp2/ikh/t) Sumber Palopo pos.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Post